-->

Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia

Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia - Selamat datang di blog Info Mimpi, Info kali ini adalah tentang Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia !! Semoga tulisan singkat dengan kategori 2018 !! Agama Budha !! Buddha !! Fa Hsien !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Faxian (Fa Hsien)
wikipedia.org
[Historiana] - Kita mengenal sejarah bangsa di Nusantara yang sering mengaitkan catatan perjalan ziarah Faxian atau Fa Shien atau Fa-Hsien, seorang Bikkhu (Biksu) yang melakukan ziarah keagamaannya ke Nusantara, terutama Jawa dan Sumatera.

Fa-Hsien lahir pada 374 M di desa Wu-yang di provinsi Shansi, Cina. Nama keluarganya, dikatakan, adalah Kung. Karena ketiga kakak laki-lakinya telah meninggal di masa kanak-kanak, ayahnya membaktikan dirinya ke sebuah biara Budha dengan harapan menjaga kehidupannya. Ketika Fa-Hsien berusia sepuluh tahun, ayahnya meninggal, dan pamannya mendesaknya untuk kembali ke rumah tetapi dia memutuskan untuk melanjutkan kehidupan religius yang ayahnya telah pilih untuknya.

Ada banyak cerita yang dikaitkan dengannya untuk menunjukkan kebijaksanaan dan keberaniannya bahkan selama periode Samanera. Pada satu kesempatan, ia memanen padi bersama orang-orang di kampungnya, tiba-tiba beberapa pencuri datang ke mereka untuk mengambil gandum mereka dengan paksa. Oranga Samanera semuanya melarikan diri penuh ketakutan, tetapi Fa-Hsien tetap berdiri di tanahnya, dan berkata kepada para pencuri,
“Jika Kamu mau gandum ini, ambillah apa yang Kamu sukai. Tapi, Tuan-Tuan, itu adalah pengabaian Kamu sebelumnya dari amal yang membawamu ke keadaan kemelaratan Kamu saat ini; dan sekarang, sekali lagi, Kamu ingin merampok orang lain. Aku khawatir bahwa di masa mendatang kamu akan mengalami kemiskinan dan kesusahan; --Aku minta maaf sebelumnya. ”
Dengan kata-kata ini ia mengikuti rekan-rekannya ke dalam biara, sementara para pencuri meninggalkan gandum dan pergi.

Kecerdasan

Pada usia dua puluh, Fa-Hsien ditahbiskan sebagai biksu yang telah matang. Pada saat itu dia telah menjadi seorang sarjana Buddhis muda yang dihormati dan kreatif. Namun, Fa-Hsien merasa terjemahan Mandarin dari teks-teks Buddhis berkualitas buruk dan berharap ia bisa membuat terjemahannya sendiri dari teks asli, yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Pada tahun 399, ketika dia berusia sekitar dua puluh lima tahun, dia memutuskan untuk memulai pencarian berbahaya ke India untuk menemukan tulisan-tulisan Buddha yang otentik. Dia berencana untuk menyeberangi Asia tengah ke India, mengikuti rute perdagangan rempah-rempah kuno.

Bepergian dengan beberapa bhikkhu lain, Fa-Hsien memulai perjalanannya menuju Cina utara dan setelah berbulan-bulan berjalan, ia menuju kota Khotan yang terletak di bagian selatan rute perdagangan "Jalan Sutra" yang membentang antara Cina dan India. Dia melintasi Turkestan dan kemudian dengan susah payah melalui Pegunungan Pamir dalam perjalanannya menuju Sungai Indus. Pegunungan kedua memberi para musafir lebih banyak masalah, karena sering terjadi badai dan lingkungan bersalju. Kemudian, dalam memoarnya, Fa-Hsien menulis tentang pegunungan: "Ada juga di antara naga yang berbisa. Ketika merasa terancam menyemburkan angin beracun, menyebabkan hujan salju dan badai pasir dan kerikil."

Fa-Hsien dan kelompoknya berhasil mencapai kota besar Peshawar. Sekarang lebih dekat ke tujuannya, ia menyeberangi dataran Punjab ke India utara. Di kota suci Magadha (dekat Patna modern), ia menghabiskan tiga tahun untuk mengumpulkan dan menyalin teks-teks Buddhis. Selama waktu itu dia juga mengunjungi banyak tempat-tempat suci di mana peristiwa penting dalam kehidupan Buddha. Dia paling dikenal ketika berziarah ke Lumbini, tempat kelahiran Buddha. Perjalanan menyusuri Sungai Gangga, Fa-Hsien mencapai pelabuhan Tamralipti, di mana dia menghabiskan dua tahun.

Meninggalkan India, Fa-Hsien berlayar ke Sri Lanka, yang merupakan pusat penting Buddhisme pada waktu itu. Dia menghabiskan dua tahun lebih di Sri Lanka melakukan penelitian ekstensif di Anuradhapura dan daerah lainnya. Pada 413 Masehi Fa-Hsien memulai perjalanannya kembali ke Tiongkok lewat laut. Ternyata perjalanan laut bukanlah perjalanan yang mudah.

Peta perjalanan Faxian Fa Hsien. Sumber: columbia.edu

Bencana Membawanya ke Pulau Jawa

Menuju ke arah timur melintasi Samudera Hindia, kapal Fa-Hsien rusak dan terdampar di sebuah pulau kecil di dekat Sumatra. Dia berhasil sampai ke pulau terdekat yaitu Jawa, di mana dia menghabiskan lima bulan berikutnya menunggu kapal kedua menuju ke China. Perahu yang menuju ke kota Kanton di Cina selatan, tertiup angin badai dan terapung-apung selama tujuh puluh hari. Akhirnya, mendarat tanah di Semenanjung Shantung di Cina utara. Saat itu tahun 414 AD.

Sekembalinya, Fa-Hsien menuju ke Nanking (Nanjing), lalu ibu kota Cina. Ia menghabiskan beberapa tahun berikutnya mengerjakan terjemahan bahasa Mandarin dari teks-teks Sanskrit yang dibawanya. Dia kemudian menuju ke sebuah biara di provinsi Hupei, di mana dia menulis kisah perjalanannya, berjudul Fo-Kwe-Ki (Memoar dari Alam Buddhis). Ini adalah catatan geografis yang sangat baik tentang perjalanannya di sepanjang Jalur Sutra, dan laporan lengkap tentang sejarah dan adat istiadat Asia Tengah dan India serta Sri Lanka.

Fa-Hsien tinggal di biara ini sampai kematiannya pada usia delapan puluh delapan tahun.

Tentang Sri Lanka

Fa-Hsien menyebutkan beberapa peristiwa dan kebiasaan yang telah dilihat dan dialami selama tinggal di Sri Lanka. Berikut ini beberapa diantaranya.
“Ketika Buddha datang ke negara ini ingin mengubah naga jahat, dengan kekuatan supranaturalnya dia menanam satu kaki di utara kota kerajaan. Di atas tapak ini raja membangun tope besar, tingginya 400 hasta, dengan megah dihiasi emas dan perak, dan dengan kombinasi semua batu mulia.
Di sisi atas, ia membangun lebih lanjut sebuah biara, yang disebut Abhayagiri, di mana terdapat lima ribu bhikkhu. Terdapat aula Buddha, dihiasi dengan ukiran dan dihiasi ornamen emas dan perak, dan kaya tujuh batu mulia, di mana ada gambar (Buddha) dalam giok hijau, lebih dari dua puluh hasta, berkilauan dengan batu-batu mulia itu, dan menamppilkan keagungan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Di telapak tangan kanan ada mutiara yang tak ternilai harganya ”.
Raja mempraktekkan pemurnian agama, ketulusan iman dan kekaguman penduduk di dalam kota juga besar. Pemerintahan yang adil dan makmur di kerajaan tidak ada kelaparan atau kelangkaan apa pun, tidak ada revolusi atau kekacauan." 

Di kota ada banyak penatua dan pedagang, yang rumahnya megah dan indah.

Jalur dan lorong ditata dengan baik. Di kota terdapat empat jalan utama yang terdapat ruang pengabaran, di mana, pada hari kedelapan, empat belas, dan lima belas bulan itu, mereka menggelar karpet, dan mendirikan mimbar, sementara para bhikkhu dan rakyat jelata dari semua penjuru berkumpul bersama. untuk mendengar khotbah.

Mahiyangana Stupa in Mahiyangana,
Uva province, Sri Lanka.
Foto: wikipedia.org
Orang-orang mengatakan bahwa di kerajaan tersebut terdapat sekitar enam puluh ribu bhikkhu, yang mendapatkan makanan mereka dari toko-toko. Raja juga menyiapkan tempat lain di kota suatu tempat sebagai persediaan makanan umum untuk lima atau enam ribu bikkhu. Ketika ada yang membutuhkannya, mereka tinggal mengambil mangkuk besar, mereka mendatangi tempat tersebut dan mengambil sebanyak yang mereka butuhkan”.

“Gigi Buddha ditampilkan pada pertengahan bulan ketiga. Sepuluh hari sebelumnya, raja memerintahkan menghiasi jalanan dengan megah. Membuat caparison yaitu "seekor gajah besar", di mana dia menungganginya untuk menyampaikan titiahnya kepada rakyat sambil mengenakan jubah kerajaan, diringin suara pukulan tambur besar, dan Raja membuat pernyataan berikut
“Lihatlah! sepuluh hari setelah ini, gigi Buddha akan dibawa keluar, dan dibawa ke Vihara Abhayagiri. Biarkan semua orang, para bhikkhu atau orang-orang suci, dan siapa saja yang ingin mengumpulkan pahala untuk diri mereka sendiri, jadikan jalan-jalan lancar dan dalam kondisi baik, dengan menghiasi jalan-jalan dengan megah, serta menyediakan banyak bunga dan dupa untuk digunakan sebagai persembahan bagi Sang Buddha."

Ketika titah yang raja ini selesai, raja menunjukkan kedua sisi jalan, lima ratus bentuk tubuh yang berbeda dari Bodhisattva selama perjalanan sejarahnya. Semua sosok ini berwarna cerah dan ditampilkan dengan megah, tampak seolah-olah mereka hidup. Setelah itu, gigi Sang Buddha dibawa keluar, dan dibawa di tengah jalan. Di mana-mana pada persembahan cara disajikan kepadanya, lalu tiba di aula Buddha di Vihara Abhayagiri.

Ada biksu dan masyarakat hadir di sana. Mereka membakar dupa, lampu-lampu, dan melakukan semua layanan yang ditentukan, siang dan malam tanpa henti, sampai sembilan puluh hari, ketika gigi Sang Buddha dikembalikan ke vihara di dalam kota. Pada hari-hari puasa, pintu vihara itu dibuka, dan bentuk-bentuk penghormatan seremonial dilaksanakan sesuai dengan aturannya ”.

Gigi Sang Buddha hanya dikeluarkan sekali dalam 5 tahun dalam festival tahunan Esala Perahera.

"ke timur Vihara Abhayagiri ada sebuah bukit, dengan vihara di atasnya, yang disebut Chaitya, di mana mungkin ada 2.000 orang biarawan".

Mahiyangana Chaitya, stupa pertama

Rupa Banduwardena
Sakyamuni Siddhartha Gautama Sang Buddha setelah mencapai pencerahan tertinggi, puncak kesempurnaan atau Kebuddhaan di Bodh Gaya, tempat suci kedua di mana ia memberikan ajaran unik kepada umat manusia adalah kota Isipatana yang menawan di Baranasi, ibukota kerajaan Kasi. Di sinilah ia mengabarkan khotbah pertamanya kepada lima pertapa, sahabatnya sebelum pencapaian spiritualnya. Mereka menjadi murid pertama yang membangun sasana Buddha.

Selanjutnya sejumlah besar murid yang mendengarkannya dan mencapai Kearahattaan dikirim ke berbagai arah untuk mengajarkan ajaran Dhamma untuk kesejahteraan umat manusia. Setelah mengirim mereka dalam misi mulia ini Sang Buddha sendiri berangkat ke Rajagaha dimana dalam perjalanannya dia bertemu dengan tiga bersaudara biksu hermit yang memiliki nasib baik untuk mencapai Kearahattaan dengan 1.000 murid mereka.

Setelah acara keagamaan yang dirayakan ini, Buddha dikatakan memusatkan perhatiannya pada Sri Lanka.


Demikianlah Artikel Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Mengenal Faxian atau Fa-Hsien Bikkhu Penjelajah Asia ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close