-->

Empat Tipe Kader HMI Masa Kini

Empat Tipe Kader HMI Masa Kini - Selamat datang di blog Info Mimpi, Info kali ini adalah tentang Empat Tipe Kader HMI Masa Kini !! Semoga tulisan singkat dengan kategori opini !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Empat Tipe Kader HMI Masa Kini ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->



YakusaBlog- Di tengah-tengah dinamika pertumbuhan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat ini, dapat kita perhatikan bagaimana tipe-tipe Kadernya. Jutaan Kader HMI saat ini yang ada di seluruh Indonesia, dalam kesehari-hariannya dapat kita golongkan menjadi empat tipe kader HMI. Terlepaslah nantinya, yang Penulis katakan ini menurut Anda adalah suatu asumsi tanpa data.
Ada data atau tidak ada data yang Penulis sebutkan dalam tulisan ini, menurut yang Penulis amati, dan menurut Saya ini adalah suatu fakta yang terjadi pada kader-kader. Sepanjang pengamatan saya sampai hari ini, ada empat tipe kader HMI saat ini saat berada dalam HMI.
Penulis akan membicarakannya pada Anda secara singkat, terlepas nantinya Anda tidak sependapat dengan apa yang Saya jelaskan. Empat tipe Kader HMI yang Saya maksudkan yaitu:
Pertama, di HMI saat ini, ada Kader-kader yang ekonominya menengah ke atas mencari hidup atau keuntungan materil dari HMI. Ia rela menggadaikan Independensi HMI, baik Independensi Etis maupun Independensi Organisatoris demi kepentingan duniawi. Kepentingan yang sifatnya memenuhi unsur hawa nafsu.
Tipe kader seperti yang Saya sebutkan pertama ini adalah tipe Kader HMI yang serakah dan rakus. Kader-kader seperti ini sangat menghancurkan HMI. Kader-kader HMI seperti yang pertama ini bergerak berdasarkan tujuan matiril yang menguntungkan baginya, bukan bergerak berdasarkan Tujuan HMI, sebagaimana yang termaktub dalam Pasal 4 Anggaran Dasar (AD) HMI.
Kedua, tipe Kader HMI kedua yang bisa kita dapatkaan adalah Kader HMI secara ekonominya menengah ke atas tidak mencari keuntungan materi di HMI. Selama berproses, dia tidak menggadaikan Independensi HMI sebagaimana tipe kader yang pertama tadi. Tipe Kader HMI yang kedua ini adalah Kader HMI yang dermawan.
Kader HMI yang dermawan ini tidak mencari keuntungan pribadi di HMI. Malah, ia rela menghabiskan sebagian materinya (baca: uangnya) demi kepentingan jalannya kegiatan-kegiatan HMI yang mengarah pada tujuan-tujuan HMI. Ia tidak mencari hidup di HMI, tapi ia menghidupi HMI.

Download: PDF Secangkir Kopi Tentang Semangat Ber-HMI
Ketiga, adalah tipe Kader HMI yang ekonominya menengah ke bawah, berproses di HMI untuk mencari keuntungan mataril. Tujuannya tidak mengarah pada tujuan HMI. Tipe, Kader HMI yang ketiga ini tidak jauh berbeda kecuali prekonomian Kader-kader tersebut. Tipe, kader yang ketiga ini paling banyak kita temukan dalam tubuh organisasi.
Tipe Kader HMI yang ketiga ini dapat dikatakan Kader perampok atau pencuri. Ia jadikan HMI ini alat mencari atau mencuri keuntungan. Ia jual-jual HMI demi kepentingannya dan melanggar sifat Independensi HMI. Ia tidak tahan dengan godaan duniawi. Sehingga segala apa yang menguntungkannya akan diambilnya. Jika tidak dapat, akan diusahakannya walau itu menggadaikan harga diri pribadinya dan organisasinya.
Keempat, tipe Kader HMI yang terakhir adalah Kader yang ekonominya menengah ke bawah, dia berproses di HMI bukan mencari keuntungan materil (uang), tapi dengan niat yang lurus. Walau ia miskin, kader tersebut terus mengusahakan menghidupkan HMI, bukan mencari hidup di HMI.
Tipe kader yang keempat ini adalah Kader HMI yang militan pada HMI. Bergerak sesuai dengan usaha-usaha HMI dan tujuan-tujuan HMI. Memegang teguh independensi organisasi dan idealisme kemahasiswaan. Dan hal inilah yang paling sulit dan paling jarang kita temukan. Tapi, kader seperti ini pasti ada di HMI, seperti adanya tipe-tipe kader yang telah kita sebutkan tadi.

Baca juga: Panggillah Aku Kohati
Nah, tipe kader yang manakah kita? Untuk menjawabnya, Saya serahkan pada diri Anda sendiri. Silahkan Anda jawab dalam hati, bagian kader yang manakah. Semoga kita Kader HMI yang selalu menjaga nama baik HMI, mempertahankan HMI dan tidak menggadaikan HMI karena kepentingan materil atau hawa nafsu.Wallahu’alam.[]

Penulis: Ibnu Arsib
Instruktur HMI Cabang Medan


Sbr.gbr: Ig Ibnu Arsib (@ibnu_arsib)


Demikianlah Artikel Empat Tipe Kader HMI Masa Kini, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Empat Tipe Kader HMI Masa Kini ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Empat Tipe Kader HMI Masa Kini ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close