-->

Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal

Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal - Selamat datang di blog Info Mimpi, Info kali ini adalah tentang Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Akik !! Batu Cincin !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal - Batu bacan adalah jenis yang saat ini paling banyak dicari . Warnanya yang begitu indah membuat banyak orang memplesetkan Bacan menjadi BAtu CANtik . Para kolektor batu yang ada di seluruh indonesia pasti merasakan betapa meningkatnya pamor batu bacan di pasaran . Trend batu bacan tentunya diikuti oleh jenis-jenis batu yang berasal dari Maluku lainnya .

Batu bacan yang mahal , memiliki ciri-ciri tembus cahaya . Model kristal banyak dicari karena dianggap sebagai batu dewasa atau sudah siap pakai . Berbeda dengan jenis batu yang belum tembus cahaya dan dianggap belum cukup umur alias batu muda .

Pada saat ini , banyak masyarakat yang membeli jenis batu bacan yang belum tembus cahaya . Hal ini dikarenakan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan yang sudah menjadi kristal . Hal ini sama dengan jenis-jenis batu lainnya . Contohnya saja adalah sungai dareh . Batu yang berasal dari Sumatera Barat ini juga memiliki harga yang mahal apabila sudah menjadi kristal atau tembus cahaya .

Oleh karena itu , para pemilik bacan muda banyak yang mengembangkan teknik dan perawatan secara mandiri , untuk mendapatkan tampilan batu yang kristal atau tembus cahaya . Perawatan batu bacan disebutkan sangat sensitif bila anda tidak hati-hati . Salah dalam penggunaan bahan , tentunya akan berdampak negatif pada batu kesayangan anda .
Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal

Beberapa cairan pengkristal batu banyak dijual di pasaran . Namun tetap saja , resikonya yang sangat besar membuat banyak para penggemar tidak jadi menggunakan cairan pengkristal yang ada di pasaran . Banyak kejadian-kejadian yang dialami oleh penggunanya , dimana warna dari batu bacan rusak dibuatnya . Hal ini karena cairan tersebut memiliki bahan kimia yang belum tentu baik untuk batu anda .

Cara Membuat Batu Bacan Menjadi Kristal

Beberapa penggemar batu cincin telah mengembangkan teknik tradisional dalam perawatan batu bacan untuk membuatnya menjadi kristal atau tembus cahaya . Kekritalan batu tentunya harus kita pahami dengan baik . Agar anda dapat memahami sepenuhnya proses pengkristalan pada batu , dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat kepada anda .

Struktur kekristalan batu bacan ada yang bisa anda lihat hanya dengan mata telanjang dan ada juga yang hanya anda bisa lihat melalui mikroskop . Struktur mineral pembentuk kristal tentunya bisa dirangsang melalui proses perawatan yang tepat . Namun , kami tidak menjamin jika perawatan yang ada dibawah ini dapat membuat batu bacan menjadi kristal . Salah satu kunci sukses dalam perawatan batu adalah konsisten pada satu teknik .

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan akan kami jelaskan secara detail dibawah ini .

Mengasapai Batu Bacan ( Smoke Procces )

Mengasapi batu bacan adalah salah satu teknik rahasia dalam mempercepat kekristalannya . Teknik perawatan yang satu ini dianggap ampuh untuk merangsang pertumbuhan kristal dan pembentukan warna yang semakin kuat . Dengan menstimulus zat-zat karbon yang ada didalam asap , maka mineral yang ada didalam batu bacan akan bereaksi dan meregenerasi mineral-mineral lainnya .

Kita ketahui bahwa batu bacan memiliki kandungan mineral yang bermacam-macam . Kami belum mendapatkan data pasti mengenai kandungan apa saja yang ada didalam batu bacan . Namun , kami mendapatkan bocoran dari pedagang batu bacan beberapa waktu yang lalu , bahwa hanya dengan menggunakan teknik pengasapan yang tepat , akan membuat batu bacan menjadi kristal . Selain itu juga , proses ini dianggap mampu membuat batu bacan tidak mudah rapuh .

Merendam Batu Bacan Dengan Air Mineral

Air mineral tentunya sangat mudah anda dapatkan dipasaran . Dengan merendam beberapa hari batu bacan dengan air mineral , disebutkan dapat membantu mempercepat regenerasi mineral yang ada didalam batu tersebut . Teknik perendaman sebenarnya merupakan cara klasik yang sudah diketahui oleh banyak orang . Mulai dari merendam dengan air hujan , air kelapa , alkohol , kini dilakukan oleh banyak orang . Namun , perendaman dianggap lebih aman dibandingkan teknik lainnya .

Terbukti atau tidaknya tentu tergantung kondisi dari sebuah batu . Bisa kita pastikan bahwa setiap komposisi mineral yang ada didalam batu sejenis , tidak akan memiliki komposisi yang sama . Hal ini sangat tergantung dari daerah atau faktor geografis dari sebuah bongkahan batu ditemukan . Kandungan zat-zat yang ada didalam tanah , juga mempengaruhi sebuah batu . Oleh karena itu , anda akan menemukan perbedaan dari jenis batu yang sama dan berasal dari daerah yang berbeda .

Anda cukup merendam dengan air mineral selama beberapa hari , kemudian keringkan dengan menggunakan kain dan letakkan batu didalam suhu ruangan selama beberapa waktu untuk mengembalikan dan menormalkan kelembaban pada batu bacan milik anda .

Cara Cepat Agar Batu Bacan Menjadi Kristal

Proses perubahan sturuktur kekristalan mineral pada batu tersebut , tentunya membutuhkan proses yang tidak cepat . Agar perubahan pada batu bacan menjadi cepat , maka perlu konsistensi anda dalam melakukan trik-trik yang ada di atas . Tips dari kami adalah jangan menggunakan bahan-bahan kimia dalam usaha untuk mengkristalkan batu bacan . Dengan cara alami lebih bagus daripada harus menggunakan bahan kimia yang beresiko dapat merusak batu .

Selain cara diatas , ada beberapa cara lagi yang bisa anda lakukan dirumah ,

Mendinginkan Batu Bacan ( Penghabluran )

Berikutnya adalah proses pendinginan . Proses ini banyak dilakukan oleh para penggemar batu untuk mendapatkan warna dan struktur kristal yang sempurna dari batu . Dengan mendinginkan batu bacan , dapat merangsang pembentukan mineral-mineral lainnya . Untuk cara ini , anda dapat melakukan tahapan-tahapan berikut :
  1. Sediakan sebuah wadah kecil tempat batu bacan .
  2. Isi dengan air mineral atau juga air biasa .
  3. Masukkan batu bacan kedalam wadah yang sudah  berisi air 
  4. Kemudian masukkan kedalam kulkas dengan suhu es batu .
Bentuk kristal dari sebuah batuan tidak menjadi sifat dari keseluruhan bagian batu . Oleh karena itu , anda akan menemukan batu bacan yang tembus dan tidak tembus . Komposisi dari tiap-tiap batu tentunya berbeda walaupun merupakan jenis yang sama .
Bila dilihat dari objek 2 dimensi , bentuk-bentuk kristal terbagi menjadi 3 , yaitu :
  • Euhedral - Kristal asli menjadi batas mineral
  • Subhedral - Tidak ada objek yang terlihat yang dapat membatasi mineral
  • Anhedral - Bentuk dimana mineral tidak memiliki kekristalan
Pembentukan kristal di alam tentunya membutuhkan proses yang sangat lama . Ribuan bahkan jutaan tahun lamanya . Dengan cara mendinginkan batu bacan , diharapkan dapat merangsang pembentukan kristal yang ada didalam struktur mineral pada batu . Proses pendinginan dianggap aman , karena tidak beresiko sama sekali untuk merusak batu .

Manfaat Mengkristalkan Batu Bacan

Dengan membuat batu bacan anda menjadi kristal , tentunya akan menambah nilai jual dari batu tersebut . Pada saat ini , harga batu bacan yang sudah tembus cahaya bisa dibandrol dengan harga 20 - 30 juta rupiah . Jika struktur batu bacan anda jernih tanpa ada flek atau warna hitam nya , maka harga batu bacan anda bisa lebih mahal lagi .

Harga batu bacan bahkan disebutkan mengalahkan berlian pada saat ini . Jika diamati , fenomena batu bacan menjadi hal yang unik . Presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obama bahkan memakai batu ini . Hal ini lah yang dipercaya membuat batu bacan menjadi naik harganya .

Jenis-Jenis Batu Bacan Populer

Batu bacan yang paling populer saat ini adalah jenis palamea , doko , dan obi . Selain itu juga , ada banyak jenis-jenis lainnya yang mungkin belum anda ketahui . Batu bacan hanyalah sebagian dari kekayaan batu mulia yang ada di maluku . Salah satu yang saat ini mulai naik daun adalah Batu Bacan Jahanam . Batu Bacan Jahanam adalah batu yang dipercaya mengandung khasiat yang tinggi bagi si penggunanya . Di Daerah Maluku , batu ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis lainnya.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal, kamu bisa mengisi komentar dibawah sebagai kritik, saran, maupun tanggapan kamu terhadap tulisan ini, kamu juga bisa membaca tulisan kami sebelumnya mengenai Batu Bacan Doko dan Cara Mengetahuinya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kamu semua.

Demikianlah Artikel Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close