-->

Sujud Tilawah Dan Do'anya

Sujud Tilawah Dan Do'anya - Selamat datang di blog Info Mimpi, Info kali ini adalah tentang Sujud Tilawah Dan Do'anya !! Semoga tulisan singkat dengan kategori sujud !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Sujud Tilawah Dan Do'anya ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah.Bagi orang yang membaca atau mendengar ayat sajdah disunahkan melakukan sujud tilawah dengan metode :

* Jika didalam sholat ,maka ketika sampai ayat sajdah supaya turun dari berdiri untuk mengerjakan sujud,dan setelah selesai maka sholat dilanjutkan kembali ,Sujid tilawah yang dilakukan pada saat sedang sholat itu tidak memakai takbirotul ihrom dan salam.Dan bagi ma'mum tidak boleh mengerjakan sujud tilawah kalau imamnya tidak mengerjakan ,sekalipun ma'mum mendengar atau ayat-ayat sajdah.

* Jika diluar sholat,maka ketika sampai ayat sajdah,niat sujud tilawah sambil membaca takbirotul ihrom dan mengangkat kedua tangan ,membaca takbir lagi lalu sujud,selesai membaca do'a sujud tilawah kemudian bangkit dari sujud sambil membaca takbir,duduk,kemudian salam.Ketika membaca takbirotul ihrom yang disertai niat sujud tilawah tidak harus berdiri.

Lafadz niat sujud tilawah adalah :

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَ وَةَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى , الله اَكْبَرْ

"Nawaitu sujuda tilaawati sunatan lillahi ta'ala ,Allohu Akbar"

Bacaan dalam sujud tilawah adalah :

سُبْحَانَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَةُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ ,تَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ

" Sajada wajhi lilladzi qolaqohu washowwarohu washaqqo sam 'ahu wabashorohu bikhauwlihi waquwwatihi,tabaarokallohu akhsanal qooliqiina "

Ayat-ayat yang mengandung kesunnahan sujud tilawah ada 14 tempat,yaitu  :
1. Surat Al-A'rof      ayat 206
2. Surat Ar-Ro'du    ayat 15
3. Surat An-Nahl     ayat 49
4. Surat Al-Isro'       ayat 107
5. Surat Maryam      ayat 58
6. Surat Al-Hajj       ayat 18
7. Surat Al-hajj        ayat 77
8. Surat Al-Furqon   ayat 60
9. Surat An-Naml     ayat 25
10.Surat As-Sajdah  ayat 15
11.Surat Fushilat       ayat 38
12.Surat An-Najm    ayat 62
13.Surat Al-Insyiqoq ayat 21
14.Surat Al-'alaq       ayat 19


Demikianlah Artikel Sujud Tilawah Dan Do'anya, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Sujud Tilawah Dan Do'anya ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Sujud Tilawah Dan Do'anya ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close