-->

Tips Mudik dengan Motor

Tips Mudik dengan Motor - Selamat datang di blog Info Mimpi, Info kali ini adalah tentang Tips Mudik dengan Motor !! Semoga tulisan singkat dengan kategori motor !! mudik !! ramadhan !! skutik !! Tips dan Trik !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Tips Mudik dengan Motor ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Sebentar lagi adalah musim libur, atau lebih tepatnya liburan LEBARAN. Banyak dari kita yang merantau pulang ke kampung ke halman masing-masing (MUDIK). Banyak cara untuk melakasanakan mudik, mulai dari naik kendaraan umum dan juga kendaraan pribadi.

Kalau kita naik kendaraan umum kita harus memesan tiket sebelum jauh-jauh hari, untuk menanggulangi itu semua banyak dari kita melaksanakan mudik dengan meggunakan motor. Karena selain menghindar dari macet, motor kendaran flexsibel.

Tapi kita jangan asal bawa mudik aja tuh motor, tapi kita harus periksa apakah motor kita layak untuk di bawa MUDIK. Jangan khawtir disini ada Tips mudik dengan motor. Berikut tipsnya :

Sebelum berangkat, Periksalah kondisi motor dengan melakukan tune-up standar, mencakup membersihkan seluruh komponen karburator, penyetelan klep, begitupula dengan pengapian busi dan mengganti oli bila diperlukan.

Cek bearing roda, velg, rantai dan gear. Begitu pula dengan kampas rem baik depan dan belakang. Untuk urusan Ban Motor anda, ada baiknya anda menggunakan tipe tubless dan memakai nitrogen, sehingga menambah kenyamanan saat berkendara. Tapi kalau dana cekak tidak masalah memakai ban biasa dan jangan lupa bawa ban dalam untuk cadangan, Takut sewaktu-waktu ban dalam kita hancur. Hindari pemakaian ban yang kembanganya sudah AUS atau GUNDUL. Kalau gundul segera ganti yang baru. Untuk berboncengan perhatikan sistem suspensi motor anda.

Kalau urusan kaki-kaki dan mesin motor cukup aman, lakukan pengecheckan pada lampu depan, sign, lampu belakang, lampu rem dan klakson. Usahakan memakai part orisinil keluaran pabrikan, jauh lebih terang dan fokus di satu titik.


Untuk urusan mudik menggunakan motor matic jangan khawatir ada tips khusus yang harus dilakukan. Tips ini saya dapatkan di blognya Pupung Budi Purnama. Berikut tipsnya :

CVT
CVT adalah bagian yang paling penting mendapat perhatian, Cek Drive Belt apakah masih bagus atau tidak, kalau sudah mulai retak-retak, sebaiknya diganti, rata-rata belt akan mengalami keretakan pada 15000-20000 kilo, tergantung pemakaian. Kemudian cek Roller, bila telah aus atau tidak bulat lagi, sebaiknya diganti. Kopling dan pegas kopling, cek apakah bantalan kampas masih tebal atau tidak, kalau sudah menipis sebaiknya diganti, kampas yang tipis dapat menyebabkan slip, akibatnya CVT akan lebih panas, dan tenaga akan berkurang terlebih bila melalui tanjakan.

Rem
Rem depan dan belakang harus dalam keadaan prima, jangan sekali-kali nekat berkendara dengan kondisi rem blong atau kurang baik, karena sangat-sangat berbahaya. Mesin matic memiliki engine break yang sangat kecil, jadi peranan rem (Depan dan belakang) sangat vital.

Saringan Udara dan Karburator
Bersihkan saringan udara, untuk karburator, cukup disemprot menggunakan Carburator Cleaner.

Klep
Atur ulang kerenggangan klep mengacu pada manual masing-masing motor matic. Jangan terlalu renggang dan jangan terlalu rapat.

Oli
Bila oli telah mendekati waktu penggantian, sebaiknya ganti segera oli. Pergunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi.

Pelumasan
Lumai bagian-bagian yang memerlukan pelumasan seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dll. Pergunakan pelumasan yang mengandung silicon (WD 40, AP 75) agar mudah dibersihkan.

Aksesoris
Jangan anggap enteng aksesoris keselamatan seperti Spion, Lampu Instrumen (lampu besar, sein, rem) harus berfungsi dengan baik.

Saya sarankan, apabila anda tidak mengerti betul soal motor jangan langsung bongkar. Bawa ke bengkel langganan anda atau lebih baiknya bawa ke bengkel resmi. Jangan lupa untuk keselamatan diri anda gunakan helm fullface/halface jangan macam-macam pakai helm cetok atau cebok, sarung tangan, dan jaket standar touring. Kalau anda ngantuk, segera berhenti di tempat yang aman dan beristirahatlah. Hindari berboncengan lebih dari dua, Bawa barang bawaan anda secukupnya.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda. jadikan perjalanan anda menyenangkan dan paling berkesan dalam hidup anda. Engine on and brumm.. Selamat sampai tujuan..

NB : Jangan lupa oleh-oleh buat saya ya... Ehehehehehe.. Terima Kasih..



Demikianlah Artikel Tips Mudik dengan Motor, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Tips Mudik dengan Motor ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Tips Mudik dengan Motor ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close